Sabtu, 10 Mei 2008

BUNGA ROSELA DAN MANFAATNYA

Sehat dengan Sirup Rosela Merah
Masyarakat umumnya telah mengenal kenaf atau rosela (Hibiscus cannabinus) sebagai tanaman  penghasil serat karung dan Hibiscus rosasinensis yang lazim disebut bunga sepatu. Rosela merah (Hibiscus sabdariffa) adalah anggota keluarga Hibiscus  yang relatif  jarang dikenal orang. Padahal tanaman ini berkhasiat mengatasi aneka penyakit, mulai dari penyakit kanker hingga lemah syahwat. Caranya pun gampang, dengan mengonsumsi aneka produk olahannya, di antaranya sirup rosela merah.
 
Atasi Kanker Hingga Cacingan 
Rosela merah dikenal dengan berbagai nama, yaitu Jamaican Sorrel (India Barat),   Oseille Rouge (Perancis), Quimbombo Chino (Spanyol), Karkade (Afrika Utara), dan Bisap (Senegal). Selain menjadi tanaman hias, bunga rosela merah juga digunakan sebagai bahan makanan dan minuman.
Bagian tanaman yang bisa diproses menjadi produk pangan adalah kelopak bunganya. Kelopak bunga tanaman ini berwarna merah tua, tebal, dan  berair (juicy), serta banyak mengandung Vitamin A, Vitamin C,  dan asam amino. Kelopak bunga rosela merah yang rasanya sangat masam ini biasanya dibuat menjadi jeli, saus, teh, sirup, dan  manisan.
Bahan  penting yang terkandung dalam kelopak bunga rosela adalah grossy peptin, anthocyanin, dan gluside hibiscin. Selain itu kelopak bunga rosela merah juga mengandung  asam organik, polisakarida, dan flavonoid  yang bermanfaat mencegah penyakit kanker, mengendalikan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, dan melancarkan buang air besar.
Secara tradisional, tanaman ini banyak dimanfaatkan untuk mengatasi batuk, lesu, demam, dan gusi berdarah. Ekstrak kuncup bunga rosela merah juga dipercaya mampu bekerja sebagai penahan kekejangan (antispasmodik), anticacing (antihelmintik),  dan  antibakteria.  Khasiat lain dari herba ini sebagai  antiseptik, mengatasi lemah syahwat,   penyejuk (astringent), dan menurunkan kadar penyerapan alkohol.
 
Bagi anda yang membutuhkan bunga rosela untuk parta besar maupun kecil
Bisa Hub Kami di No Telp:
(021)69833192 atau Hp. 081310423085

Tidak ada komentar: